Bombastik Trading VS Konsisten Trading

Banyak trader dengan target masing-masing mengejar profit yang diinginkan. Terkadang keberhasilan yang bombastik trader senior membuat mulut menganga dan mata melotot. Akhirnya banyak trader pemula yang serta merta instant mengejar bombastik trading dibanding konsisten trading. Alasannya sederhana, pengen kaya raya. Kalau sudah kaya punya suami atau istri muda. Akhirnya bombastik loss dan ke laut aja.

 

Bombastik Trading adalah trading yang mengejar profit luar biasa dalam waktu singkat. Profit yang luar biasa selalu menggoda. Ibarat wanita cantik selalu dikrubuti banyak pria. Atau pria kaya raya, selalu dikejar-kejar wanita muda yang cantik tentunya. Sama halnya trading, semua trader selalu mengejar profit yang besar. Kalau bisa lebih tinggi kenapa tidak. Modal sejuta jadi 100 juta dalam semalam. Kalau ini mending “ngepet” saja, modal 1.500 rupiah buat beli lilin.

Memang dalam trading ada prinsip High Risk High Return. Tapi tidak serta merta dimakan mentah-mentah tanpa perhitungan. Perlu diingat, trading dengan profit luar biasa mengandung resiko yang sangat besar. Trader memiliki kecenderungan melakukan spekulasi dalam trading, membuka posisi terlalu banyak, marjin yang besar, tanpa manajemen modal dan resiko. Satu dua kali, trader berhasil mendapatkan profit yang bombastik. Tapi trading tidak selalu sama. Akhirnya hasil yang didapat sebelumnya, habis juga ditrading-trading selanjutnya. Kenapa demikian, profit yang bombastik didapat bukan karena keberuntungan dan bukan karena hasil dari analisa yang disiapkan sebelumnya. Belum lagi energi yang dikeluarkan, penuh emosional, tekanan batin, bahkan stress karena beban psikologi yang tinggi pula. Akhirnya, grafik modal pertradingan naik turun tak terkontrol dan potensial ludes tak berbekas lebih cepat.

 

Konsisten Trading adalah kebalikan dari bombastik trading. Profit yang dikejar relatif tidak terlalu besar akan tetapi fokus akan konsistensi menghasilkan profit. Konsiten trading selalu memperhatikan manajemen uang dan resiko. Karena trader pasti menghindari trading yang bermuatan resiko tinggi seperti saham yang bersifat tinggi fluktuasi. Secara psikologi trading pastilah lebih terjaga. Stress dalam trading lebih minimalis karena tidak mendapatkan beban yang tinggi. Secara grafik, pertumbuhan saldo perlahan tapi pasti. Misalpun terjadi penurunan yang tajam, diatasi dengan manajemen resiko yang sudah disiapkan.

 

Dari sini, trader silakan memilih sendiri. Mau cepat kaya tapi spot jantung, atau mau kaya tapi panjang umur karena jantung sehat. Semuanya bisa dilakukan tergantung kesiapan dari trader sebelum trading. Good luck!



LEAVE A COMMENT