Elemen Pendukung Keberhasilan Trading

Sebagai seorang trader sukses tentunya harus melalui proses yang tidak instan. Kegagalan dalam aktifitas trading menjadi camilan pasti didunia ini. Bisa dikatakan tidak mungkin seorang trader yang tidak pernah loss.
Akan tetapi meminimalis loss adalah hal yang memungkinkan dalam mendatangkan profit yang maksimal. Oleh sebab itu, trader yang sukses memiliki konsistensi yang tinggi terhadap elemen-elemen yang mendatangkan keberhasilan dalam meraih profit.

 

Ada tiga elemen yang mampu mendatangkan keberhasilan dalam trading dalam buku “Entry and Exits” karangan Dr. Alexander Elder yaitu Mind, Method, and Money. Tiga elemen ini diibaratkan oleh penulis yang juga trader seperti kursi berkaki tiga. Jika salah satu dari kakinya patah maka orang yang duduk di atasnya akan tersungkur di lantai.

 

1. Method
Dalam mengambil keputusan dikala trading, perlu melalui analisa kondisi dan situasi pasar saham. Dengan demikian memunculkan strategi yang nantinya bekerja ketika proses trading berjalan. Masing-masing trader memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang menyukai day trading atau lebih menyukai memiliki posisi dalam jangka waktu yang panjang. Ada yang melakukan analisa peristiwa sosial ekonomi bahkan politik, atau hanya membaca arah grafik. Tetapi semuanya itu harus disertai dengan metode trading yang diyakini dapat menghasilkan profit.

 

2. Mind
Ini adalah psikologi trading seorang trader. Bagaimana seorang trader memiliki pola pikir terhadap trading. Ada yang berpikir trading adalah jalan tol untuk menjadi kaya raya. Padahal tidak segampang membalikkan tangan. Trading sangat dengan pengendalian emosi. Ketika proses trading berjalan, seorang trader diselimuti dengan perasaan takut, serakah, bahkan akhirnya berakhir dengan keputusan yang gegabah. Ketika psikologis trader tidak stabil bukannya profit yang didapat malah sebaliknya yakni loss karena emosional dalam mengambil keputusan.

 

3. Money
Seorang pendatang baru sangat potensial untuk melihat berdasar indikator teknis, sedang trader kawak yang sukses sangat memahami bahwa ada hal lain selain indikator teknis. Hal itu adalah uang yang dianggap sebagai manajemen resiko. Setiap trader harus menyeimbangkan antara manajemen uang dengan manajemen resiko. Sehingga hal ini nantinya menjadi penentu keputusan dalam menentukan seberapa besar uang yang akan dimainkan dalam trading.



LEAVE A COMMENT