Ilustrasi Call Options

Suatu hak untuk melakukan pembelian suatu aset di nilai harga dan dalam jangka waktu tertentu itulah yang biasa disebut dengan call options. sebagai komponen dasar dalam dunia options, trader wajib memahami apa itu call options. Untuk memudahkan dalam pemahaman call options berikut ilustrasi sederhananya :
 
John berminat untuk membeli sebuah rumah yang dimiliki Jerry seharga Rp. 750 juta. John pada saat melakukan pembelian belum memiliki uang tunai, dikarenakan uang masih berada di deposito suatu bank. John membutuhkan waktu 3 bulan untuk melakukan pencairan uang tersebut. Setelah melakukan kesepakatan dua belah pihak, Jerry bersedia menunggu selama 3 bulan dengan syarat terjadi pembayaran tanda jadi sebesar 25 juta. Jadi pada akhirnya John harus mengeluarkan total pembelian sebesar Rp. 775 juta didapat dari Rp. 25 juta tanda jadi ditambah Rp. 750 harga rumah. Hal ini terjadi sebagai kompensasi karena menunda pelunasi pembelian rumah itu. Dan apabila dalam kurun waktu 3 bulan kedepan John tidak melakukan pelunasan, maka uang tanda jadi dianggap hangus dan menjadi hak Jerry. Setelah melakukan tawar menawar perihal pembayaran, maka dibuatlah surat perjanjian resmi di atas materai antara mereka berdua disaksikan beberapa saksi dari kedua belah pihak.
 
Kemungkinan pertama, ternyata rumah yang ada merupakan daerah rawan banjir. Karena kondisi demikian menyebabkan harga jual rumah daerah tersebut anjlok menjadi Rp. 300 juta. Pada akhirnya John memutuskan untuk jadi membeli rumah itu dan menghanguskan uang tanda jadi sebesar Rp. 25 juta. John merasa lebih baik kehilangan Rp. 25 juta daripada potensi kerugian yang lebih besar bila melakukan pelunasan pembayaran. Dengan demikian uang tanda jadi sebesar Rp. 25 juta yang sudah terbayarkan sebelumnya menjadi hak Jerry pemilik rumah.
 
Kemungkinan kedua, ternyata dihalaman belakang rumah tersimpan harta karun yang menyebabkan kenaikan harga rumah itu menjadi Rp. 1,5 milyar. John mendapatkan keuntungan yang luar biasa karena sudah membayar tanda jadi sehingga berhak membeli rumah tersebut sesuai perjanjian atau sebesar Rp. 750 juta. Sedangkan Jerry karena sudah melakukan perjanjian dan menerima tanda jadi, tidak bisa lagi menjual rumahnya ke orang lain selama ikatan kontrak berlaku.
 
Dalam options uang tanda jadi dikenal dengan premi. Dimana premi mampu meminimalis kerugian yang memungkinkan terjadi. Ilustrasi ini jika ditarik kesimpulannya, bahwa melakukan call options dimana prediksi aset atau saham akan mengalami kenaikan harga. Sehingga dengan naiknya harga aset atau saham menjadi keuntungan bagi trader.



LEAVE A COMMENT