Inti dari Trading

Sebagai seorang trader, harus mengetahui inti dari aktifitas ini. Pada dasarnya, inti dari trading lebih pada pengelolaan antara profit dan loss. Banyak ditemui terutama para trader pemula, berorientasi fokus untuk selalu profit. Menghabiskan waktu dan energi untuk mendapatkan keuntungan dari keputusannya mereka memilih call options atau put options. Padahal tidak seperti itu seluruhnya, karena masih terdapat dua komponen dari trading yang selalu dimiliki trader. Komponen itu adalah untung dan rugi, atau biasa didengar dengan profit dan loss.

 

Seorang trader sehandal apapun, takkan terhindar dari komponen ini. Apapun yang dilakukan trader, menggunakan analisa dan strategi apa saja, selalu berhadapan dengan profit dan loss. Karena memang tidak mungkin ada seorang trader yang selalu profit dalam trading.

 

Intinya, sebagai trader harus piawai dalam melakukan pengelolaan akan profit dan loss yang mungkin didapat saat trading. Logika sederhana dengan memaksimalkan profit dan tentunya meminimalis loss. Pada kenyataannya seorang trader yang tidak mantap dengan psikologi tradingnya, akan tergesa-gesa menutup trading ketika untung. Padahal arah pergerakkan masih potensial untuk menambah keuntungan. Akhirnya profit yang didapat tidak dapat maksimal. Begitu sebaliknya ketika arah pergerakan tidak sesuai dengan prediksi awal ketika menentukan keputusan untuk call options ataupun put options, trader tidak segera melakukan cut loss karena masih berharap besar akan terjadi perubahan. Akhirnya yang seharusnya loss kecil malah menjadi besar dan modal trading habis total.

Jadi semuanya ini dititikberatkan pada kemampuan seorang trader melakukan pengelolaan terhadap profit dan loss. Dengan demikian trader akan menghasilkan profit yang maksimal dan loss yang minimal.



LEAVE A COMMENT