Jangan Memaksakan Trading Anda

Dalam trading (perdagangan) stocks (saham), keserakahan terkadang menguasai Anda. Dalam perjalanan Anda menjadi seorang Trader dengan penghasilan yang konsisten, dorongan dan godaan untuk mendapatkan beberapa dollar ekstra dalam market (pasar) itu sangat tak tertahankan. Dan terkadang Anda akan mencoba memaksakan diri. Ketika kekalahan datang, anda frustasi dan ingin masuk ke pasar lagi, lagi, dan lagi agar Anda dapat mengurangi jumlah kekalahan yang Anda lakukan sebelumnya.

 

Cara berpikir seperti ini terkadang membuat Anda merasa, jika saya tidak melakukan trade (berdagang), maka saya tidak akan menghasilkan uang. Bagaimana saya akan menanggung jumlah kekalahan saya? Saran saya lebih baik Anda bersabar sejenak, dengan menunggu pola-pola yang mendukung dan biarkan pasar datang serta memberikan dukungan kepada Anda. Baru Anda masuk ke dalam market (pasar).

 

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat mengatasi dorongan ini. Tapi dibutuhkan kedisiplinan dan dedikasi yang tinggi di awal, dan pastinya jika Anda mengikuti saran di atas, maka hasilnya akan terbayarkan pada akhirnya. Seperti bagaimana ibu Anda, menyuruh anda untuk memasukkan baju kotor ke keranjang laundry, dan Anda mulai memasukkan baju -baju tersebut, dan secara tidak langsung Anda membentuk suatu kebiasaan yang baik dengan cara mengulang-ulang aksi yang sama.

 

Ini adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda, dalam membentuk kebiasaan yang baik dalam trading:

 

1.  Buatlah daftar aturan

Hal utama yang Anda harus buat adalah membuat daftar aturan. Aturan ini akan memandu bagaimana anda melakukan trade, dimana Anda akan masuk, keluar, dan seberapa banyak Anda akan mengambil resiko.


2.  Membayangkan skenario yang berbeda

Bayangkan Anda memiliki suatu posisi. Pikirkan Anda masuk ke dalam suatu pasar dengan Price Action yang berbeda-beda, amati , dan bayangkan anda mengikuti aturan-aturan yang ada. Semakin sering Anda berlatih dan mengulang proses ini, semakin terekam ingatan tersebut ke dalam memori bawah sadar Anda, dan hal tersebut akan terbawa dalam kebiasaan trade Anda.


3.  Mengevaluasi trading Anda

Setiap Anda selesai trading, ambil waktu sejenak untuk mengevaluasi trading Anda. Tanyakan pada diri Anda, “Apakah saya sudah mengikuti aturan yang saya buat?”. Cek poin-poin yang sudah berhasil Anda lakukan, dan latih terus dimana Anda merasa ada kekurangan.

Selalu ingat bahwa keputusan trading yang baik, dimulai dengan kebiasaan trading yang baik pula. Melakukan sesuatu sesekali, tidak akan membuat Anda otomatis menjadi Trader terbaik. Tapi melalui kebiasaan yang terus menerus di ulang akan membuat Anda menjadi Trader yang lebih baik.


Seperti Aristoteles yang bijaksana pernah mengatakan:
“We are what we repeatedly do. Excellence, then, is not an act, but a habit.”



LEAVE A COMMENT