Kunci Keberhasilan Trading

Apapun model tradingnya, pasti tidak luput dari keruguan. Kalau tidak mau rugi, jangan jadi trader. Seorang trader dengan level profesional pun, tidak luput dari namanya rugi. Tapi jangan patah semangat, karena kunci keberhasilan dari trading adalah dengan meminimalis kerugian. Kemampuan meminimalis kerugian inilah yang membedakan mana trader sukses atau bukan.

 

Trader wajib hukumnya meminimalis kerugian. Karena semakin besar kerugian, maka semakin susah trader meningkatkan modal. Misal modal awal dalam trading sebesar 10 juta dan mengalami kerugian 10%, maka sisa modal sebesar 9 juta. Jika trader ingin mengembalikan modal, maka harus mendapatkan profit lebih dari 10%. Jika kerugian 50%, berarti harus profit 100%. Singkat kata, semakin besar kerugian maka semakin besar pula profit yang harus didapatkan. Dan ini semua memerlukan waktu, tenaga, dan pikiran, yang besar pula.

 

Ada argumen yang muncul, kerugian besar hari ini bisa diganti dengan profit ditrading esok. Tapi perlu dipahami juga, bahwa trader yang mengalami kerugian besar semakin kalap dalam tradingnya. Bukannya profit yang didapat, malah semakin mendapatkan kerugian yang berlimpah.

 

Oleh sebab itu, siapkan semuanya sebelum trading dimulai, analisa, psikologi, dan strategi, hingga akhirnya taktik yang nantinya dijalankan ketika trading berlangsung. Dan yang paling penting dari semua ini, jangan lupa berdoa sebelum trading. Salam Profit!



LEAVE A COMMENT