Pentingkah Psikologi Trading?

Mengetahui dan memahami elemen penentu keberhasilan dalam aktifitas trading adalah wajib bagi para trader. Method, Money, dan Mind (Dr. Alexander Elder), ketiganya harus dimiliki kalau ingin menjadi trader yang berhasil. Tapi ada pemahaman yang keliru mengenai tiga elemen ini. Trader menganggap bahwa ketiganya memiliki peran yang sama besarnya dalam menentukan keberhasilan dalam trading. Padahal terdapat elemen yang berperan paling besar dalam menentukan keberhasilan trading.

 

Sebagian besar trader menghabiskan energinya terfokus pada pendalaman method. Sehingga yang terjadi trader lebih banyak mempelajar method dan tidak memperhatikan money, apalagi mind. Trader terjebak untuk berpikir keras demi menemukan analisa sempurna (holy grail). Walaupun pada dasarnya tidak keliru ketika mendalami metode analisa pada trading. Entah itu mengenai analisa secara teknikal ataupun fundamental, asalkan jangan terjebak pada method saja sehingga lupa bahwa ada dua elemen lainnya yaitu money dan mind.

 

Pada kenyataan dalam trading, method menyumbang sebagian kecil dari keberhasilan sang trader. Seorang yang memiliki otak jenius atau seorang profesor sekalipun belum menjamin akan sukses dalam dunia trading. Misalpun iya, seharusnya sudah ditemukan suatu formulasi tercanggih menjadi kaya raya dari trading. Karena pada kenyataan, bahwa money dan yang utama mind (psikologi trading) yang banyak mempengaruhi keberhasilan trader.

 

Mempelajari method merupakan hal yang tidak terlalu rumit, karena terukur. Bahkan analisisa dapat dilakukan dengan komputer yang terinstal software canggih untuk membantu dalam menganalisa. Sedang mind (psikologi trading) tidak dapat diwakili dengan apapun. Karena psikologis sangat memberikan pengaruh yang besar dalam keberhasilan. Bahkan sebagian besar trader sendiri tidak memahami dengan benar terhadap psikologi trading ini. Masih banyak ditemui trader profesional yang meluapkan emosinya ketika mengalami loss. Sederhananya tidak semua orang mampu memahami dan tahu benar kelemahan dalam diri sendiri. Sama halnya seorang trader tidak memahami secara detail apa saja kelemahanan dalam pengarunya terhadap kualitas trading.

 

Menjadi seorang trader yang berorientasi pada keberhasilan, jangan sampai melupakan faktor psikologi trading. Karena pada dasarnya faktor inilah menjadi penyumbang terbesar dalam keberhasilan trading. Psikologi yang stabil dan konsisten menjadi hal penting dimiliki trader.



LEAVE A COMMENT