Perbedaan antara Trading Options dengan Saham

Bagi para Trader pastilah sudah paham perbedaan antara Trading Options dengan saham. Tapi bagi calon investor perlu memahami perbedaan Trading Options dengan Saham.

Options secara sederhana merupakan turunan dari saham yang bersifat memiliki batas kadaluarsa. Terdapat dua manfaat dari options, yakni sebagai leverage dan asuransi. Sedangkan saham merupakan surat berharga yang menjadi klaim dari aset yang tak berbatas waktu alias tidak ada waktu kadaluarsanya.

Dalam Trading Options mengenal call optionsĀ dan put options yang biasa dikenal dengan open potition options. Call options merupakan kontrak resmi yang memberikan hak pembelian aset dengan harga dan jangka waktu yang ditetapkan. Sedangkan put options merupakan kontrak resmi yang memberikan hak penjualan aset dengan harga dan batasan kadaluarsa yang ditentukan.

Bagi investor, investasi options digunakan sebagai sarana kontrol suatu saham dengan modal yang relatif lebih kecil dari harga aslinya. Selain itu, options juga dimanfaatkan sebagai sarana hedging karena berlaku sebagai asuransi harga atas kepemilikan saham. Karena sebarapa jatuhnya harga saham, selalu ada investor yang bersedia membeli.



LEAVE A COMMENT