Put Options

Selain call options ada tipe options lainnya yakni put options. Secara sederhana put options merupakan kontak resmi bagi para trader untuk berhak menjual sebuah asset yang dimiliki dengan harga dan berjangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk lebih memahami tentang put options mari kita simak ilustrasi sebagai berikut.
 
Peter membeli sebuah rumah dengan harga Rp. 800 juta. Peter ingin mendapat perlindungan atas rumah yang dibelinya. Oleh karena itu, Peter melakukan pembayaran atas premi asuransi all-risk selama 1 tahun sebesar Rp. 8 juta. Nantinya asuransi yang menerima pembayaran atas premi tersebut, menjamin perlindungan atas rumah dan wajib memberikan ganti rugi jika terjadi kerugian selama masa kontrak, maksimal sampai Rp. 800 juta.
 
Kemungkinan pertama, selama kurun waktu 1 tahun terjadi musibah atas rumah tersebut dan menyebabkan penurunan nilai menjadi Rp. 200 juta atau dengan kata lain terjadi kerugian sebesar Rp. 600 juta. Dari kejadian ini Peter berhak melakukan klaim ke pihak asuransi dan perusahaan asuransi wajib memberikan ganti rugi sebesar Rp. 600 juta. Artinya nilai polis dari premi Rp. 8 juta, sekarang bernilai menjadi Rp. 600 juta.
 
Kemungkinan kedua, selama kurun waktu 1 tahun tidak terjadi apapun. Tapi kenaikan harga atas asset terjadi karena adanya kenaikan harga tanah atas bangunan sehingga harga rumah tersebut menjadi Rp. 1 milyar. Dengan kata lain, keuntungan atas kenaikan harga menjadi hak pemiliki rumah dalam hal ini Peter. Dilain pihak, karena tidak terjadi kerugian apapun atas rumah, maka premi yang sudah dibayarkan tidak dapat diambil kembali.
 
Dari ilustrasi ini dapat dilihat bahwa put options dilakukan dikala suatu aset diprediksi akan mengalami penurunan harga. Sehingga dengan put options mampu memberikan keuntungan lebih dan meminimalis kerugian yang memungkinkan terjadi dalam trading nantinya.



LEAVE A COMMENT