Sikap Sukses Seorang Trader Sejati

Trading bukan hanya sekedar hal teknis. Mencapai profit bukan sekedar menganalisa, menemukan indikator, dan menciptakan prediksi yang tepat. Akan tetapi banyak hal lain yang dapat menentukan profit diluar teknis semata. Karena pada dasarnya, trader yang sukses tidak sekedar menguasai teknik trading saja akan tetapi sikap lebih menentukan keberhasilannya.

 

1. Belajar Tanpa Henti

Trading ibarat lautan yang luas tak berujung. Segala kemungkinan mempengaruhi perkembangan pasar. Kalau trader merasa bahwa dirinya sudah menguasai apapun seputar trading, saat itu juga awal dari kehancuran. Trading tidak hanya sekedar penguasaan teknikal saja, banyak hal lain yang perlu dipahami. Melihat kondisi pasar, makro, mikro, manajemen modal, psikologi trading, dan lainnya, menjadi kunci keberhasilan seorang traader. Jadi, trader dilarang keras untuk belajar, belajar, dan belajar.

 

2. Obyektif Analisis

Analisa seorang trader jangan berpatok pada emosi, isu, bahkan suara dari teman. Melakukan analisa yang obyektif dengan melihat kondisi pasar, menjadi hal yang lebih pas dibanding dengan subyektifitas semata. Ada baiknya jangan mengeksekusi keputusan berdasar feeling. Sebab hasil yang lebih baik, banyak ditentukan dengan empiris yang terjadi di pasar trading.

 

3. Percaya Diri dalam Membuka Posisi

Percaya diri disini bukan dalam artian kesombongan. Melainkan percaya akan sistem yang digunakan, percaya akan analisa yang disiapkan berdasarkan dengan kondisi dan situasi pasar. Hal ini menjadi bagian penting sebagai seorang trader. Kenapa demikian, agar apa yang sudah dipersiapkan sebelumnya tidak mudah goyah dengan isu yang muncul, analisa trader lain, dan akhirnya disiplin dalam menjalankan sistem trading yang akan dijalankan.

 

4. Iklas Ketika Cut Loss

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan. Begitu juga trading, tidak selamanya trader akan mendapatkan keuntungan. Ada kalanya juga mengalami kerugian. Saat inilah trader harus iklas mengambil keputusan untuk cut loss. Sebab kalau nekad dan tidak iklas mengambil jalan itu, hasilnya adalah kerugian yang semakin besar.

Saat terjadi kerugian, sikap terbaik adalah iklas. Dengan sikap yang demikian, biasanya trader akan lebih tenang baik pikiran ataupun perasaannya. Kegagalan yang terjadi dijadikan bahan pembelajaran untuk menghadapi trading selanjutnya. Bukan malah menjadi acuan untuk aksi balas dendam dan menyalahkan kondisi pasar.

 

5. Kesombongan Kunci Kehancuran

Trader yang sukses menghasilkan profit apalagi bombastik, terkadang lupa daratan. Kesombongan jadi muncul, merasa paling pintar, memiliki analisa paling tajam, dan akhirnya lupa bahwa trading bisa berubah kapan saja. Sikap ini potensial untuk menuju kehancuran. Sang trader conggak dengan keberhasilannya, akan serta merta membuka posisi lebih banyak di trading selanjutnya. Biasanya, pasar akan membalas kesombongan dengan loss yang lebih besar.

Saat take profit, bersyukur adalah lebih tepat, bukan malah menjadi conggak. Sebab bukan karena trader ini pintar, melainkan pasar sedang baik hati memberikan rejeki. Ada baiknya keberhasilan kali ini, jangan membawa trader menjadi lebih agresif dalam menjalankan trading-trading selanjutnya.



LEAVE A COMMENT