Strategi Beresiko Mengatasi Kerugian Saat Trading

Setiap trader memiliki keinginan untuk tidak rugi ketika trading. Segala cara dan upaya dilakukan agar dapat mengantisipasi kerugian. Persiapan strategi menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meminimalis kerugian bahkan menghindarinya. Hedging dan risk reversal merupakan strategi trading yang dapat digunakan untuk menghindar dari kerugian. Memang cara ini lebih beresiko, karena berpotensi melipatgandakan kerugian. Akan tetapi apabila dilakukan dengan mengatur kapital trading yang terukur, bisa jadi tidak sekedar mengantisipasi kerugian malah memungkinkan merubah loss menjadi profit.

 

Hedging dan risk reversal merupakan strategi yang dimaksud. Keberhasilan menggunakan strategi ini berdasar pada penentuan expiry time yang tepat. Keduanya dilakukan dengan memposisikan 2 option pada arah yang saling berlawanan. Oleh karena itu, trader sebagaimana mungkin berusaha agar kedua option ini berakhir pada waktu yang bersamaan.

 

Hedgingdilakukan dengan cara memposisikan option kedua untuk mengatasi kegagalan yang terjadi dioption pertama. Keberhasilan metode ini terjadi ketika dilakukan pada waktu yang tepat. Yang perlu digaris bawahi bahwa kedua option berakhir di waktu yang sama. Dan dengan mengatur jumlah kapital lebih besar pada option kedua, maka potensi profit dapat ditingkatkan. Sehingga kerugian yang terjadi di option pertama dapat digantikan dengan keuntungan di option kedua.

 

Bagi para trader yang belum mahir dalam memprediksi laju pergerakan harga, cara ini beresiko tinggi, meskipun berakhir dalam waktu yang sama. Oleh sebab itu, agar resiko trading dapat diminimalkan, trader harus benar-benar meyakini strategi yang digunakan ini. Karena pada dasarnya analisa yang tidak tepat malah memungkinkan memperbesar resiko yang sudah ada sebelumnya.

 

Strategi lainnya adalah risk reversal. Dimana pengaplikasian strategi ini dengan cara menempatkan 2 option secara berlawanan dalam waktu yang sama. Cara ini memiliki keleluasaan dalam menentukan expiry time yang memungkinan kedua option berakhir di waktu yang sama. Tapi perlu diperhatikan dalam menggunakan strategi ini, trader harus mempunyai analisa yang jitu dan tepat untuk menentukan salah satu option yang memberikan profit lebih besar. Dalam hal ini, option yang berpotensi memberikan profit yang lebih besar menjadi tepat untuk diatur dengan kapital yang lebih banyak.

Strategi ini memiliki kesulitan pada menentukan peluang salah satu option. Selain itu benturan kebijakan broker memungkinkan membatassi pemakaian strategi ini. Bahkan pada broker tertentu tidak mengijinkan trading dengan memilih 2 option yang berlawanan dalam trading yang sama.

 

Kedua strategi ini memang memungkinkan merubah loss menjadi profit. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa strategi ini memiliki resiko loss yang lebih besar ketika trader tidak menguasainya.



LEAVE A COMMENT