Trader Dilarang Frustasi

Frustasi membuat seorang Trader dalam kondisi berbahaya. Berbagai hal yang menyebabkan frustasi, yaitu seperti mengalami kerugian, money management yang tidak tepat dan lainnya. Hal ini menjadikan seorang Trader meragukan dirinya sendiri dan merasa tidak percaya diri terhadap sistem tradingnya sendiri, dimana ini akan menyebabkan seorang Trader melakukan overtrade atau membuat suatu keputusan yang salah.

 

Sebelum Anda menjadi seseorang yang frustasi ada baiknya Anda sebagai seorang Trader, merefleksikan pikiran Anda sejenak, apakah hari-hari ini kinerja saya dalam posisi yang maksimal? Apakah saya mampu untuk berpikir secara jernih untuk membuka posisi berikutnya? Apakah Anda menyalahkan diri anda sendiri ketika kalah dan mulai bertanya kepada diri sendiri, sepertinya passion saya bukan di trading?

 

Berita baiknya adalah semua itu dapat diselesaikan dalam beberapa cara, Anda dapat mengalahkan setiap pikiran negatif yang menyebabkan anda tidak bisa berpikir dengan jernih dan bagaimana mencegah emosi negatif yang dapat mempengaruhi setiap keputusan trade Anda. Ada 3 cara yang dapat membantu anda yaitu:


1.  Jangan salahkan diri Anda

Mencoba kembali dari efek psikologi kekalahan memang mudah diucapkan daripada menjalani prosesnya. Mudah sekali untuk menjadi frustasi kepada diri sendiri dan berbicara dalam hati anda tentang hal-hal yang negatif. Jika mengalami hal ini, Anda harus mencoba untuk santai, karena kekalahan adalah bagian dari trading. Semua orang mengalaminya, bahkan seorang Trader yang profesional sekalipun. Terima kekalahan tersebut, dan mulailah berbenah melalui managemen resiko terhadap trade Anda. Anggap kekalahan ini sebagai pengalaman yang tak terlupakan, dan mari bergerak maju.


2.  Kerjakan PR Anda

Sekarang jika Anda berpikir terhadap kekalahan trade, mungkin bisa jadi Anda kurang mempersiapkan trade, dan harus mengingatkan diri untuk mengerjakan PR. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati, dimana maksud pepatah tersebut adalah mari mempersiapkan trade, awali dengan pikiran jernih dan selalu positif, tidak lupa juga untuk mempersiapkan analisa fundamental dan teknikal.

 

3.  Jangan menyerah pada strategi trading sekalipun

Terkadang Trader yang mengalami frustasi, menyalahkan sistem dan strategi tradenya sendiri. Apa gunanya menganalisa pasar dan tetap pada stategi ketika pasar bergerak tidak jelas? Apakah begitu? Jawabannya adalah tidak!

Suasana market mungkin bergerak konstan atau sideways dan hal tersebut merupakan hal yang wajar jika terjadi terhadap pasar. Tetapi anda harus mengingat bahwa profit yang konsisten hanya bisa didapatkan dari kedisiplinan dan mengikuti aturan yang anda siapkan dalam trade tersebut.

Selalu ingat dalam kepala anda bahwa trading ini adalah marathon dan bukan adu lari cepat. Ada suatu waktu anda menemukan hal yang tidak menyenangkan dari pasar, dan itu adalah hal yang biasa. Percayalah anda bisa menaklukkan pasar tersebut.



LEAVE A COMMENT